Google Maps sebagai Media Pembelajaran

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk meningkatkan kemampuan dalam membina potensi–potensi pribadi yang dimiliki yaitu rohani (pikiran, karsa, rasa, cipta, budi) dan jasmani pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu aset dan potensi utama pembangunan nasional. Oleh karena itu pemerintah berupaya meningkatkan kwalitas dan kwantitas pendidikan diantaranya adalah dengan adanya Kurikulum 2013. Selain pemerintah banyak pula pihak lain yang turut serta membantu meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan dengan beberapa kebijakan ataupun produk berupa software, buku penunjang, fasilitas dan sebagainya. Banyak pula produk atau karya yang dihasilkan tidak semata-mata untuk pendidikan secara langsung, mungkin bertujuan sebagai sarana informasi atau yang lainnya, akan tetapi dapat dimanfaatkan sebagai media untuk pembelajaran. Salah satunya adalah Google Maps atau Google Earth yang merupakan produk dari Google yang memberikan informasi letak geografis di dunia. Mata Pelajaran yang diangap sulit oleh siswa diantaranya adalah IPS, karena materi pelajaran IPS yang sangat banyak dan membutuhkan hafalan yang kuat. Dengan keadaan itulah maka sebagian besar siswa mendapat nilai rendah pada mata pelajaran ini. Oleh karena itu perlu adanya upaya dan startegi dalam pembelajaran IPS agar prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Selain itu perlau adanya alat peraga atau media pembelajaran yang tepat, menarik, efektif dan efisien. Berdasarkan keadaan di atas peneliti ingin berupaya meningkatkan kemampuan hafalan siswa terhadap materi pelajaran IPS khususnya yang berhubungan dengan kenampakan alam dan sosial negara-negara di dunia dengan memanfaatkan media Google Maps atau Google Earth. Dengan menggunakan media tersebut diharapkan siswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti Proses Pembelajaran IPS dan menemutunjukkan letak suatu tempat yang berkaitan dengan keadaan alam dan sosial negara-negara penting di dunia.