Pendidikan
merupakan usaha sadar untuk meningkatkan
kemampuan dalam membina potensi–potensi pribadi yang dimiliki yaitu rohani
(pikiran, karsa, rasa, cipta, budi) dan jasmani pendidikan dapat meningkatkan
kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu aset dan potensi utama pembangunan
nasional. Oleh karena itu pemerintah berupaya
meningkatkan kwalitas dan kwantitas pendidikan diantaranya adalah dengan adanya
Kurikulum 2013. Selain pemerintah banyak pula pihak lain yang turut serta
membantu meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan dengan beberapa kebijakan
ataupun produk berupa software, buku penunjang, fasilitas dan sebagainya.
Banyak pula produk atau karya yang dihasilkan tidak semata-mata untuk
pendidikan secara langsung, mungkin bertujuan sebagai sarana informasi atau yang
lainnya, akan tetapi dapat dimanfaatkan sebagai media untuk pembelajaran. Salah
satunya adalah Google Maps atau Google Earth yang merupakan produk dari Google
yang memberikan informasi letak geografis di dunia. Mata Pelajaran yang diangap sulit oleh
siswa diantaranya adalah IPS, karena materi pelajaran IPS yang sangat banyak
dan membutuhkan hafalan yang kuat. Dengan keadaan itulah maka sebagian besar
siswa mendapat nilai rendah pada mata pelajaran ini. Oleh karena itu perlu
adanya upaya dan startegi dalam pembelajaran IPS agar prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan. Selain itu perlau adanya alat peraga atau media
pembelajaran yang tepat, menarik, efektif dan efisien. Berdasarkan keadaan di atas peneliti
ingin berupaya meningkatkan kemampuan hafalan siswa terhadap materi pelajaran
IPS khususnya yang berhubungan dengan kenampakan alam dan sosial negara-negara
di dunia dengan memanfaatkan media Google Maps atau Google Earth. Dengan
menggunakan media tersebut diharapkan siswa dapat lebih tertarik untuk
mengikuti Proses Pembelajaran IPS dan menemutunjukkan letak suatu tempat yang
berkaitan dengan keadaan alam dan sosial negara-negara penting di dunia.