SUKANYA MENGAJAR DI PEDALAMAN

Namun bagi yang
pernah merasakan mengajar di daerah pedalaman pasti mempunyai cerita dan
pandangan tersendiri terhadap hal itu. Setelah bertahun-tahun mengajar dan
tinggal bersama anak-anak di daerah pedalaman kemudian merasakan juga bagaimana
mengajar di perkotaan, tentu bisa membandingkan kedua hal tersebut. Ada beberapa
hal yang menjadi kelebihan mengajar di daerah pedalaman dibandingkan dengan
mengajar di daerah perkotaan, diantaranya adalah :
11.
Kepercayaan dari Orang Tua Siswa
Orang tua siswa yang merasa kurang berpengalaman dibanding penduduk kota
memeri kepercayaan yang begitu tinggi pada keberadaan sekolah di tengah-tengah
mereka. Keadaan seperti ini sangat mendukung terjalinnya hubungan baik antara
pihak sekolah dengan masyarakat sekitar. Di samping itu, lebih terjaminnya rasa
nyaman, aman dan dihargai sebagai seorang guru.
22.
Keadaan Alami yang Indah
Daerah pedalaman identik dengan keadaan alam yang masih alami dan berlum
terjamah polusi. Hijaunya hutan, gemericiknya air sungai yang jernih, kicauan
burung yang hidup bebas, nyanyian satwa
liar yang bersahabat dengan manusia, udara sejuk terbebas dari cemarnya asap
dan panas, dan keadaan alam yang sangat bersahabat. Keadaan yang bertolak
belakang banyak dijumpai di perkotaan yang keadaan alam yang serba alami sangat
sulit dijumpai di perkotaan.
33.
Anak-anak yang Masih Polos
Mereka memang tidak sepintar atau secerdas anak-anak di perkotaan yang
bergelimang dengan hingar binger kemajuan jaman. Anak-anak yang tinggal di
pedalaman terkadang hanya merasa ingin terhadap kehidupan di perkotaan tapi tak
ingin mencobanya. Keadaan yang demikian menjadikan keinginan mereka menjadi lebih
sederhana dan simpel. Mereka sangat menikmati itu seperti halnya anak-anak
perkotaan menikmati serunya main playstation.
Kepolosan dan kesederhanaan itu membuat mereka lebih mudah bersahabat
dengan tulus dan tidak mudah melupakan jasa orang lain. Guru yang mengajar
mereka masih tetap dipanggil dengan sebutan Pak
Guru meski sudah bekerja dan berumahtangga.
44.
Suasana di Sekolah bagai di Rumah
Sekolah merupakan rumah kedua bagi mereka. Seorang guru bukan hanya
dipandang sebagai seorang pengajar, tetapi lebih dari itu. Seorang guru
dianggap juga sebagai orang tua kedua bagi siswa-siswa sehingga suasana
keakraban dan kemesraan sangat terjalin dan terasakan oleh warga sekolah. Suatu
keadaan yang sangat sulit ditemui di daerah perkotaan.
Masih banyak
lagi hal-hal yang membuat seorang guru lebih menyukai mengajar di daerah
pedalaman daripada di perkotaan yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Dilihat
dari kesejahteraan, biaya kebutuhan hidup, kompleksitas permasalahan dalam
masyarakat, tuntutan dan tekanan dalam bekerja dan masih banyak hal lain yang
menjadikan seotrang guru lebih suka mengajar di daerah pedalaman aripada di
perkotaan.