Salah satu hal yang menyebabkan guru kesulitan dalam
melaksanakan tugasnya dalam proses belajar mengajar adalah keadaan siswa yang
gaduh. Keadaan demikian sangat menyulitkan karena konsentrasi siswa tidak
tertuju pada pembelajaran yang disajikan guru. Selain itu apa yang disampaikan
atau disajikan guru tidak dipedulikan oleh siswa. Siswa yang lainpun terganggu
denagn keadaan ini. Beberapa siswa yang sebenarnya ingin memperhatikan materi
yang disajikan guru menjadi terganggu bukan hanya karena suara gaduh siswa lain
tetapi juga karena guru tidak maksimal dalam melaksanakan proses belajar
mengajar.
Kegaduhan siswa tersebut disebabkan oleh banyak hal, yang
dapat dikelompokkan menjadi:
1.
Faktor Siswa. Siswa
yang heterogen dan berkepribadian berbeda sangat memungkinkan menjadi penyebab
mereka saling berbicara atau bercanda di antara mereka. Beberapa hal yang
menjadi penyebab kegaduhan siswa ditinjau dari keadaan siswa antara lain:
a.
Beberapa siswa yang
berkarakter banyak bicara ataupun hiperaktif.
b.
Terdapat perselisihan
antara siswa tentang masalah yang berhubungan pertemanan atau yang lain.
c.
Ketidakpahaman siswa
pada penjelasan guru yang mengakibatkan keputusasaan.
2.
Faktor Guru. Tidak
seharusnya guru selalu menyalahkan siswa karena keadaan siswa yang gaduh. Salah
satu faktor yang sangat mungkin adalah dari pihak guru. Guru yang tidak bisa
menyajikan proses belajar mengajar dengan menarik, jelas, interaktif sangat
mungkin menyebabkan siswa menjadi bosan dan mereka menjadi gaduh.
3.
Faktor di luar kelas.
Keadaan di luar kelas terkadang menjadi lebih menarik bagi siswa, apalagi siswa
yang berada di dalam kelas yang keadaan kelas tidak tertutup sempurna. Keadaan
kelas yang pintunya terbuka, atau posisi jendela yang memungkinkan siswa
melihat keadaan luar kelas, dapat menyebabkan siswa lebih tertarik
memperhatikan keadaan di luar kelas. Dengan demikian konsentrasi siswa terhadap
pelajaran terganggu dan siswa menjadi gaduh.
Yang tersebut di atas hanyalah beberapa faktor penyebaba
gaduhnya siswa di kelas. Terdapat banyak lagi faktor penyebab yang mungkin
ditemukan oleh seorang guru. Penemuan-penemuan tersebut berbeda antara guru
yang satu dengan guru yang lain. Bahkan pada seorang guru mungkin menemukan
penyebab yang berbeda pada beberapa kelompok kelas.
Dengan diketahuinya beberapa faktor penyebab kegaduhan
siswa maka diharapkan dapat ditemukan solusi untuk mengatasi gaduhnya siswa
agar tidak menjadi kendala bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas.
Sekian.