Catatan kecil PTK IPA kelas V
Di antara pengertian belajar
adalah lebih merupakan suatu proses untuk menemukan sesuatu daripada suatu
proses untuk mengumpulkan sesuatu. Dalam beberapa hal guru menunjukan bahwa
peserta didik masih terjebak kedalam rutinitas belajar IPA yang membosankan dengan
media dan pembelajaran seadanya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah
media tiga dimensi. Maka perlu adanya upaya perbaikan dengan perumusan masalah ”Bagaimana
meningkatkan hasil belajar siswa SD
tentang Fungsi Organ Pencernaan pada Manusia melalui Media Tiga Dimensi ?”
Adapun tujuan perbaikan
pembelajaran ini adalah ; Untuk mengoptimalkan pembelajaran IPA siswa
tentang Fungsi Organ Pencernaan pada
Manusia melalui Media Tiga Dimensi, sehingga peserta didik mampu meningkatkan
hasil belajar, memperbaiki proses pembelajaran di kelas V SDN khususnya pada
pelajaran IPA, dan meningkatkan motivasi dan kemauan belajar serta prestasi
siswa.
Media pengajaran adalah alat
atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sabagai bagian sarana
informasi guna tujuan pendidikan dan pembelajaran. Beberapa ciri dan metode
mengajar yang baik, yaitu :
1.
Mengundang rasa ingin tahu pada siswa
2.
Menantang murid untuk belajar
3.
Mengaktifkan murid untuk belajar
4.
Memudahkan guru
5.
Mengembangkan kreatifitas murid
6.
Mengembangkan pemahaman murid terhadap materi pelajaran
Menggunakan Media
Tiga Dimensi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu metode yang sesuai
dengan kriteria diatas yang sangat memungkinkan untuk diterapkan pada semua
mata pelajaran khususnya Mata Pelajaran IPA. Selanjutnya dalam hal pembelajaran siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran karena melalui
pembelajaran IPA siswa diharapkan mampu mengembangkan, pengetahuan , nilai dan
sikap serta keterampilan sosial yang berguna bagi dirinya.
Untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa dalam setiap akhir proses pembelajaran biasanya diadakan tes
penilaian seperti ulangan maupun penilaian dalam proses. Apabila nilai ketuntasan minimal tidak tercapai
maka diadakan perbaikan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu
upaya perbaikan ini dapat dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dari pelaksanaan PTK yang telah dilakukan di sebuah SD,
yang siswa-siswa SD tersebut sebagai subyeknya diperoleh gambaran (harapan) hasil
setiap siklus sebagai berikut :
1.
Penjelasan guru tanpa disertai
dengan media pembelajaran ternyata membuat motivasi belajar siswa cukup
rendah sehingga hasil evaluasi yang
diperoleh sangat jauh dari yang diharapkan. Untuk itu
dipandang sangat diperlukan menggunakan media pembelajaran yang dapat memperjelas materi pelajaran yang akan dijelaskan
dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi pelajaran.
Maka pada siklus II pelaksanaan pembelajaran menggunakan bantuan media
pembelajaran tiga dimensi untuk memperjelas pemahaman siswa terhadap materi
tentang Fungsi Organ Pencernaan pada Manusia.
2.
Pembelajaran dengan menggunakan
bantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada evaluasi pembelajaran.
Hasil yang didapat pada siklus 1 dan perbaikan pertama jumlah siswa yang
mendapat nilai 5 kebawah berjumlah 14 orang dan masih banyak siswa yang belum
memahami isi materi yang telah diajarkan. Setelah dilakukan perbaikan
pembelajaran yaitu menggunakan bantuan media gambar, hasil evaluasi akhir yang
dilaksanakan secara individu melampaui target yang ditetapkan oleh peneliti.
Perbaikan yang telah dirancang oleh peneliti telah menunjukan keberhasilan yang
baik bagi peserta didik maupun peneliti dalam meningkatkan kinerja guru dan
siswa.
Ini bukan PTK, dan bukan pula artikel dari sebuah penelitian, tapi hanyalah
sebuah catatan kecil yang semoga dapat ditindaklanjuti dengan diadakan PTK
sesuai rumusan masalah tersebut.
Ditulis Oleh Dwi Joko Maryono