Seorang siswa atau anak didik yang
diserahkan kepada seorang guru tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang
ada padanya. Oleh karenany tugas seorang pendidik berkaitan dengan hal tersebut
tentunya harus diselaraskan dengan keadaan anak tersebut., dalam arti mampu
mengoptimalkan kelebihan dan mampu menutupi celah kekurangannya agar tidak
menyulitkan anak dalam proses pembelajaran.
Seorang pendidik harus mengetahui kelebihan
dan kekurangan siswanya sebagai langkah awal dalam mengatur strategi
pembelajaran yang diterapkan yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang
ada. Seorang siswa mempunyai bintang dan lautan yang mesti dimengerti oleh
seorang pendidik. 1. Bintang. Seorang anak mempunya bintang dalam dirinya yang
masih terpendam. Bintang itupun berbeda antara anak yang satu dengan yang lain.
Diantara mereka mungkin mempunyai bintang kelas yang memungkinkan anak tersebut
menjadi juara kelas dalam hal kognitifnya yang ditunjukkan dengan nilai yang
di[erolehnya selalu bagus. Ada pula seorang siswa yang memiliki bintang
lapangan yang memungkinkan dirinya menjadi bintang lapangan sehingga mampu
meraih juara dalam bidang olahraga. Selain kedua bintang tersebut mungkin masih
banyak lagi bintang dalam diri siswa yang oleh seorang pendidik harus
dimunculkan dibiaskan cahayanya agar bersinar menyinari lingkungannya. 2. Lautan.
Setiap siswa dibekali lautan luas dalam fikirannya sehingga mampu menampung
aliran ilmu dan informasi yang masuk kepadanya. Seorang pendidik harus memahami
hal itu sehingga siswa mendapatkan banyak ilmu dan informasi yang diperlukan
dalam membiaskan bintang yang ada dalam dirinya. Nilai-nilai kebaikan perlu
ditanamkan dalam diri si anak didik agar bintang tersebut bercahaya terang dan
bermanfaat bagi orang-orang dan lingkungan di sekitarnya. Lautan akan menerima
semua apa yang dibawa sungai yang mengalir dan bermuara di lautan. Tapi, lautan
akan mengembalikan kotoran yang dibawa oleh sungai dan menyingkirkannya ke
tepian.