TITIPAN UNTUK PENDIDIK

Seorang siswa atau anak didik yang diserahkan kepada seorang guru tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang ada padanya. Oleh karenany tugas seorang pendidik berkaitan dengan hal tersebut tentunya harus diselaraskan dengan keadaan anak tersebut., dalam arti mampu mengoptimalkan kelebihan dan mampu menutupi celah kekurangannya agar tidak menyulitkan anak dalam proses pembelajaran.

Seorang pendidik harus mengetahui kelebihan dan kekurangan siswanya sebagai langkah awal dalam mengatur strategi pembelajaran yang diterapkan yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ada. Seorang siswa mempunyai bintang dan lautan yang mesti dimengerti oleh seorang pendidik. 1. Bintang. Seorang anak mempunya bintang dalam dirinya yang masih terpendam. Bintang itupun berbeda antara anak yang satu dengan yang lain. Diantara mereka mungkin mempunyai bintang kelas yang memungkinkan anak tersebut menjadi juara kelas dalam hal kognitifnya yang ditunjukkan dengan nilai yang di[erolehnya selalu bagus. Ada pula seorang siswa yang memiliki bintang lapangan yang memungkinkan dirinya menjadi bintang lapangan sehingga mampu meraih juara dalam bidang olahraga. Selain kedua bintang tersebut mungkin masih banyak lagi bintang dalam diri siswa yang oleh seorang pendidik harus dimunculkan dibiaskan cahayanya agar bersinar menyinari lingkungannya. 2. Lautan. Setiap siswa dibekali lautan luas dalam fikirannya sehingga mampu menampung aliran ilmu dan informasi yang masuk kepadanya. Seorang pendidik harus memahami hal itu sehingga siswa mendapatkan banyak ilmu dan informasi yang diperlukan dalam membiaskan bintang yang ada dalam dirinya. Nilai-nilai kebaikan perlu ditanamkan dalam diri si anak didik agar bintang tersebut bercahaya terang dan bermanfaat bagi orang-orang dan lingkungan di sekitarnya. Lautan akan menerima semua apa yang dibawa sungai yang mengalir dan bermuara di lautan. Tapi, lautan akan mengembalikan kotoran yang dibawa oleh sungai dan menyingkirkannya ke tepian.