MEMBUAT GAME PENJUMLAHAN UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SD
buat new flash document
2. beri action dengan klik action atau F9
3. tuliskan scrypt berikut :
angka1 = random(20);
angka2 = random(20);
4. membuat teks untuk angka yang
muncul dengan cara klik huruf A di tool. Ukuran kotak sesuaikan.
klik properties => pilih dynamic text
beri nama pada var ; angka1(sesuai pada langkah 3)
5. membuat teks untuk tanda tambah, klik A di tool, ketik tanda tambah (+)
ukuran sesuaikan
6. ulangi langkah 4 untuk membuat angka yang muncul dengan cara klik huruf
A pada tool, ukuran kotak sesuaikan
klik properties => pilih dynamic text
beri nama pada
var ; angka2(sesuai pada langkah 3)
7. Untuk menggeser atau mengatur letak gunakan tanda panah hitam di tool
8. Membuat teks untuk tanda sama dengan (=)
9. membuat input text untuk mengisi jawaban. Caranya sama pada langkah 4
tapi pada properties pilih input text dan var isi dengan; jawaban
10. Membuat teks untuk cek hitungan.
a. Ketik “cek” pada properties pilih static text.
b. Ubah menjadi button dengan cara : klik kanan pada “cek” lalu pilih convert
to symbol
c. muncul kotak dialog, tulisan symbol1 bisa diganti, beri tanda
pada “button” lalu ok.
d. klik “cek” lalu klik action/F9 untuk member perintah(scrypt) ketikkan
scrypt berikut :
on (release) {
if
(jawaban == angka1+angka2) {
respon
= "benar";
}
else {
respon
= "salah";
}
}
(gunakan tab untuk menggeser ke kanan)
(atau copas scrypt dari file word, warna biru)
11. membuat respon hasil jawaban yang diisikan pada hasil penjumlahan,
caranya sama dengan langkah 4, tapi pada var tuliskan; respon
12. membuat teks lagi untuk mengulang/mengacak angka 1 dan angka 2, dengan
cara sama pada langkah ke 10, yaitu :
a. Ketik “ulang” . Pada properties pilih static text.
b. Ubah menjadi button dengan cara : klik kanan pada “ulang” lalu pilih convert
to symbol
c. muncul kotak dialog, tulisan symbol2 bisa diganti, beri tanda
pada “button” lalu ok.
d. klik tulisan “ulang” lalu klik action/F9 untuk member perintah(scrypt)
ketikkan scrypt berikut :
on (release) {
angka1
= random(10);
angka2
= random(10);
jawaban
= "";
respon
= "";
}
13. Untuk ngecek klik ctrl dan
enter dengan bersamaan.
14. Jika sudah ada informasi error
maka betulkan yang salah pada scryptnya, jika tidak ada pemberitahuan error
berarti sudah benar.
15. Simpan file dengan cara file => save as… => (beri nama, misal “jumlah”)
=> ok
16. Untuk menyimpan sebagai file exe yang bisa dijalankan di komputer, klik
file =>publish setting => beri ceklist pada windows projector => klik
publish => ok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar